Friday, April 28, 2006

Sangat jarang kita mendengar "departement jaminan mutu" atau "departemen kualitas" atau "departemen mutu". Kebanyakan nama departemen ini adalah adalah bahasa Inggeris: "Quality Departement" atau "Quality Assurance Department". Kalau Anda punya nama departemen ini dalam bahasa Indonesia, silahkan masukkan ke dalam komentar blog ini.

Quality Departement bertanggung jawab terhadap sistim kualitas produk dan sistemnya. Perlu digaris bawahi bahwa semua orang di pabrik bertanggung jawab terhadap kualitas di areanya masing-masing, tanggung jawab Quality Department disini adalah tanggung jawab official.

Ketika bicara masalah kualitas, ini berarti mengacu kepada suatu standar. Produk dibuat berdasarkan suatu standar, apakah gambar, prosedure, work instruction atau special requirement dari pelanggan. Quality department menjamin barang yang dibuat memenuhi standar yang diberikan. Begitu juga dengan sistem manajemen mutu pabrik. Ketika bicara masalah ISO, departemen ini memainkan peranan yang dominan. Semua lini/bagian operasional pabrik, bukan hanya produk, harus mengacu kepada suatu standar.

1 comment:

Anonymous said...

Dear P' Ramzi,

I understand that u are looking for a safety glass seller. Can u provide ur email address & phone for me to contact u?

My add: huicu@em.co.id or kho.huicu@yahoo.com

Thank you..
Hui Cu